Sekitar 2 bulan lalu saya tersesat ke kota Bielefeld, sebuah kota di ujung timur laut negara bagian Nordrheinwestfalen. Kota yang merupakan lokasi perusahaan Dr. Oetker, ya kira-kira Indofoodnya Jerman, sebenarnya kota yang lumayan bagus, tidak terlalu kecil, tetapi tidak dihiasi gedung-gedung tinggi. Sebuah kota kecil yang sebenarnya modern dan rapi. Anehnya, kota ini sering dijadikan bahan ledekan sebagai kota yang dianggap tidak ada hehe…

20170318_110622

Nah, kebun binatang di kota ini digratiskan oleh pemerintah kota Bielefeld! Manteb deh..gratisan tetapi juga ga malu-maluin Bro.. bisa dibilang luas, bersih dan saat saya datang di Sabtu pagi, sepi..hanya ada sedikit sekali pengunjung atau orang yang lewat berolahraga.

20170318_111908-1

Fasilitas buat anak kecil ada dan ada toko yang menjual cendera mata juga. Mungkin karena masih pagi, tempat ini belum ramai. Justru karena sepi, saya puas tersesat di sini..gratis gitu lho…

20170318_112657

Tuh, sepi kan… Dan mungkin tidak berat memelihara kebun binatang ini karena hewannya tidak banyak dan terhitung tak terlalu butuh perawatan atau makanan mahal. Carnivoranya hanya kucing hutan, serigala dan elang… Ada beruang juga sih, tapi karena saat itu jalan ke arah kandangnya ditutup karena renovasi, saya tidak bisa memastikan jenis beruang apa.

20170318_111812

Nah, hewan-hewan yang lain sih rata-rata hewan biasa, maksudnya banyak dijumpai sehari-hari di peternakan juga, misalnya keledai, domba, kelinci, berbagai ayam dan burung. Ada juga hewan liar yang perawatannya bisa dibilang murah, misalnya berang-berang, babi hutan, dan rusa. Buat yang senang burung, di sini ada burung-burung eksotis juga macam burung merak. Yang seru sih justru melihat burung elang dan burung hantu dari dekat. Kedua burung ini diberi makan anak ayam (mati/dimatikan).

20170318_113125

Kebanyakan hewan di sini dilarang diberi makan. Maklum, risiko nanti hewannya mati. Hanya ada satu hewan yang di dekat kandangnya dijual pangannya. Hewan apakah itu??? Kuncinya: Muncul di Street fighter dan juga di Indonesia serta India wkwkwk…

20170318_113029

Kebayang kalau kebun binatang gratisan gini hadir di Indonesia. Ini sebenarnya penting untuk pendidikan anak agar peduli dan mencintai alam ke depannya. Hampir ga mungkin lah kita mendidik orang dewasa yang memang sudah keburu tak ada pedulinya sama kelestarian alam… Sayangnya, di Indonesia ada beberapa kebun binatang yang justru menghadirkan kisah sedih…

20170318_113253

Berharap ke mana lagi kalau bukan ke pemerintah dan ke para pencinta lingkungan yang punya rezeki lebih. Lucunya, di Indonesia justru lingkungan nyaris tak pernah jadi isu utama. Paling-paling heboh kalau sudah kebakaran hutan saja.. Banyak yang tak sadar, bencana asap itu hanya sebagian kecil saja kerugiannya. Habitat yang hidup hewan dan tumbuhan yang tak ternilai nyaris tak dibicarakan… Mau dibicarakan bagaimana, sadar punya kekayaan itu saja tidak..makanya kalau hilang pun tak terasa..

20170318_113332

Oh ya, sebenarnya ada cara kebun binatang ini memperoleh dana sukarela dari pengunjungnya. Bukan sebatas dari penjualan pangan hewan atau cendera mata saja.. Kalau mengandalkan itu, saya rasa jauh dari cukup. Ini dia cara mereka:

20170318_112950

Yup, buat donatur, mereka bisa mentransfer ke rekening ini… Hmmm.. bagusnya adalah, yang ngasih sukarela dan bisa memberi lebih banyak dibandingkan sekadar nomina karcis. Namun, risikonya ya tahu sendiri lah.. Ya, tapi langkah seperti ini layak dicoba di Indonesia. Tentunya berat tanpa kepedulian dari pemerintah kota.

 

Iklan