DSC00021Suatu hari ane ketemu sama salah satu karyawan tempat ane pura-pura kerja. Doi tak terlihat seperti biasanya, kini yang digebernya Vario. Ane pun tanya: “Thunder kemana?” Doi jawab: “Dijual! Mogok mulu!”

Mendengar jawaban doi ane memahami benar. Sebab di rumah keluarga Sesat juga ada satu unit Thunder 125. Motor ini lumayan sering bikin puyeng ade ane sebagai pemiliknya, maklum, hobby ngadat. Namun, itu dulu, sebelum karburator vakum diganti dengan PE 28. Kalau membran vakum sudah error, wah, memang doi hobinya mogok, susah langsam, gampang mati, kadang gerung… dijamin menyiksa batin dan tangan kalau dipakai di lalu lintas padat macam Jakarta. Belum lagi penyakit gerung macam begini bakal ngerembet ke pemakaian kopling dan sektor klep. Wah pantas saja pada males meliara ini motor. Tidak heran, harga Thunder 125 menukik drastis, bisa dibilang doi motor laki keluaran relatif baru yang harganya paling jatuh, bahkan di bawah Honda Win yang keluaran jauh lebih lama. Dengan duit 3 jutaan, sampeyan bisa lirik2 Thunder 125, kali aja lagi ada yang stress atau BU.

Kelemahan lain Thunder 125 adalah sektor kelistrikannya yang kadang aneh. Jangan otak-atik deh… Bahkan sebatas ganti setang jepit bisa berisiko mengacaukan kelistrikan ini motor. Di motor adik saya, kalau setang dibelokkan mentok, maka mesin akan mati! Aneh tuh, untung sudah hilang penyakitnya. Yang nyebelin adalah, dibawa ke bengkel resmi pun mekaniknya tidak bisa menangani! (mungkin kebagian yang masih belum banyak pengalaman-red).

Keluhan lain dari adik saya, rem depan Thunder 125 dinilainya kurang pakem. Selain itu, kalau saya perhatikan, sil garpu depan cepat bocor ya…

Ya, begitulah kira-kira kelemahannya. Menurut Penasihat Spiritual Blog Sesat, sebaiknya yang paling diperlukan Thunder 125 adalah sistem injeksi bahan bakar. Jelas lebih tahan banting dibandingkan karbu vakum yang terkesan tak panjang umur dan malah membuat Thunder 125 jadi terkesan seperti motor yang rewel. Belum lagi keluhan spare part yang relatif lebih mahal dan lebih jarang didapatkan.

Buat Bro yang ngerti motor, sebenarnya Thunder 125 layak banget buat dilirik. Tinggal ganti karbu biasa, doi sudah bisa jadi teman perjalanan yang handal, awet, ringan, cukup kokoh dan dengan sedikit dandan juga sudah bisa mencuri perhatian…Buat Bro yang mau bisnis bensin eceran, ini motor jelas solusinya hihihi……..

About these ads