Kalau ketemu moge di jalan, kadang kita betah-betahin ngekor di belakangnya. Kalau ketemu doi di parkiran, kita sempat-sempatin foto-foto. Kalau ada yang punya kita sempatin minta izin buat nyemplak, ya biar tahu saja rasanya menunggang moge. Ketika nyemplak doi, sering terbersit keinginan untuk menggebetnya. Ini terlihat dari muka-muka penyemplak yang mupeng dan senyum-senyum mengkhayal nggak jelas! Kalau kantong pas-pasan, maksudnya cuma pas buat beli moge second, kepikiran juga pajak dan onderdilnya. Lebih berat lagi kalau yang kita taksir moge balap. Namanya berarwah racing, pasti lebih mahal kalau sampai kenapa-kenapa. Lalu, apakah harus ragu dan takut melangkah ke jenjang selanjutnya?
Sebenarnya, kalau ada rejeki, tidak perlu ragu untuk membeli moge tahun 95 dan tahun-tahun lebih muda lagi. Apalagi di Indonesia, dimana moge sport rata-rata jarang digeber beneran di sirkuit. Digeber di jalan pun hanya sesekali, intinya mesin seharusnya tidak perlu diragukan keadaannya (asalkan pemilik menggunakan oli yang tepat dan memperhatikan perawatannya).
Apa yang harus diperhatikan?
Pada intinya sama saja dengan membeli motor biasa. Cek fisiknya, kelurusannya, nomer mesin dan rangka, suara mesin, adakah baret di sisi kiri atau kanan gerabox, suspensi, komstir dsb. Yang penting juga dicek adalah kelistrikan. Kalau bisa, diperhatikan juga, apakah kelistrikannya masih standard, sebab bagian ini yang biasanya KO duluan akibat keteledoran si pemilik, bukan mesinnya yang KO duluan! Di Jerman, daya tahan motor-motor Superbike Jepang mendapatkan ancungan Jempol! Honda sejak dulu terkenal bandel dan “matang” dalam keseluruhan hal. Yamaha R-Series pun sudah dianggap memiliki mesin yang tahan banting, 100 ribu kilometer bukan masalah baginya! Nah, Sekarang coba Bro pikir, apa motor-motor Superbike 2nd di tanah air sudah menempuh jarak sejauh itu? Dan, kalau kilometernya misalnya lebih dari 30 ribu, apakah 30ribu itu dilalui dengan digeber di jalanan kaya jalanan di Eropa sana yang bisa seenak-enak jidad dalam menyalurkan adrenalin balap? Kalau Bro masih merasa sangsi, silahkan pilih Superbike yang paling bandel mesinnya. Di Jerman, predikat Superbike dengan mesin berdaya tahan tertinggi dipegang oleh Gixxer! Nah, jadi jangan takut menggebet moge racing dari Pabrikan Suzuki ini! Di Jerman sendiri Gixxerlah Superbike favorit dan paling banyak dijumpai di Sirkuit-sirkuit di Jerman. Dengan kebandelan mesinnya, tak heran, Gixxer merajai balap ketahanan Le Mans.
Peranti Racing Haram!
Dapat tawaran motor Superbike berspek racing? Jangan takut… Knalpot racing, power comander, koil dan nosel racing, dkk tidak terlalu membebani daya tahan mesin, apalagi kalau cuma dipakai berweekend ria di Jakarta! Hanya ada satu peranti racing yang perlu diwaspadai, yakni Quickshifter. Kalau si moge sport sudah dipasangi komponen ini, berhati-hatilah meminangnya!
Quickshifter sebenarnya di indonesia pun bukan barang baru, tetapi sudah sejak awal 2000an digunakan dalam ajang drag race motor! Dengan peranti ini, perpindahan gigi benar-benar sangat singkat. Di salah satu website produsen Quickshifter dijelaskan, dengan peranti ini, pembalap bisa sangat mudah dan cepat memindahkan gigi saat berakselerasi. Dengan bantuan Quickshifter, pembalap tidak perlu pakai acara pencet kopling segala yang bisa menurunkan tenaga mesin! Gas juga bisa tetap dibuka penuh! Artinya, saa klep sedang terbuka maksimum pun pembalap tetap bisa pindah gigi! Bayangkan, gas tidak perlu turun, layaknya motor matic saja. Quickshifter dengan segenap snsor dan mekanismenya membuat pembalap cukup menyentuh tuas gigi saja. Peranti ini akan memutus arus sepersekian detik saat pindah gigi, sehingga perpindahan bisa cepat dan sangat mudah. Jadi ingat ketika di Sachsenring lalu, saya dengar sendiri bagaimana M1 mengeluarkan ltupan-letupan keras dan menggelegar saat perpindahan gigi, sementara gas tetap bisa dipanteng, hanya terputus extra singkat dengan letupan-letupan keras itu.
Kenapa Quickshifter haram? Maksudnya tidak disarankan untuk membeli moge 2nd yang sudah memakai atau pernah memakai peranti ini? Berdasaran pengalaman, peranti rada ajaib ini seringkali merusak gearbox Bro… Apapun merk motornya, Gearboxnya cepat rusak kalau pakai Quickshifter! Nah Ente pikir sendiri sekarang kalau si Superbike dambaan yang rusak Gearboxnya!
Foto: HP-Klassikku
39 komentar
Comments feed for this article
23 Juli 2010 pada 11:46 am
jeng rondho
pertamax!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
nice artikel gan.. doain gw ada rejeki buat meminang moge balap… (ngiler.. bin ngimpi disiang bolong)
2 Agustus 2010 pada 3:18 pm
arieslight
amin…
btw, mimpi di siang bolong sering jadi kenyataan lho…
8 Desember 2010 pada 7:48 pm
chalidonk
z ndak maw doain mslax z jga pux mimpi y zama yg loen sampe….!
hehehehehehehehehehehe
23 Juli 2010 pada 1:43 pm
Mr_Long'S
mau pindah haluan bro
Dr mtr classic german ke superbike japan,??
Tp inget,
Apa pun mtr ny jgn lupa pke helm
SNI tentu ny…
Xi xi xi
2 Agustus 2010 pada 3:19 pm
arieslight
haha…nggak muat rumahnya bro, sempiiit…(padahal kere)
23 Juli 2010 pada 1:52 pm
lekdjie
cbr 900rr bro..2 matanya itu lo..mangstabf
2 Agustus 2010 pada 3:19 pm
arieslight
tatap mata belo yang bagai busur panah
23 Juli 2010 pada 2:57 pm
daris
nice share bro 😀
di motogp team mana saja bro yg pake quickshifter ❓
2 Agustus 2010 pada 3:20 pm
arieslight
thx Bro…peranti ini semua pake, yah dah kaya knalpot racing aja..wajib..
23 Juli 2010 pada 7:08 pm
kentadis
moge sport thn 95an dh murah bro..
Gixxer 400 th 94 aja 16jt 😈
24 Juli 2010 pada 1:10 am
Sobek-Sobek
bodong kent…
2 Agustus 2010 pada 3:21 pm
arieslight
yup, bodong…kalo nggak kodisi mengenaskan..
moge sekelas itu sehat n bersurat sudah 50 jutaan
24 Juli 2010 pada 1:49 am
esemelekete
ada yang baru jual sawah nih keknya
2 Agustus 2010 pada 3:23 pm
arieslight
pastinya bukan ane…
24 Juli 2010 pada 4:35 am
devil
mmhhh.. jadi kepikir meminang NSR 500..wkwkw.. mudah mudahan rejeki dilancarkan yang di atas
2 Agustus 2010 pada 3:23 pm
arieslight
yang lain langsung pada jalan pelan2 kalo deket yang ini hahaha
24 Juli 2010 pada 5:42 am
adul
Mohon saran, ada yang nawarkan cbr 1000 th 98 50jt … with paper pajak hidup.
2 Agustus 2010 pada 3:24 pm
arieslight
murah tuh…di jakarta 70 jutaan Bro, itu juga bodong..
24 Juli 2010 pada 6:12 am
asmarantaka
masih kepengen moge impian :Gixxer 600 cc aja…………coz Suzuki mania deh…
24 Juli 2010 pada 6:20 pm
blognyamitra
buat nemenin sang Pangeran Satria 🙂
2 Agustus 2010 pada 3:25 pm
arieslight
selamat berusaha bro…
24 Juli 2010 pada 1:41 pm
meong
mas bro trus bdanya battle shifter ma slipery clutch it apa?
Msh bngung nih.
2 Agustus 2010 pada 3:27 pm
arieslight
battle shifter? kayanya sama deh sama quickshifter (malesgoogle.de)
slipery clutch itu yang ane terjemahin perangkat selip kopling, jadi motor 4 tak kaya matic aja…
biar motor tenang saat deselerasi alias ngerem abis-abisan..
26 Juli 2010 pada 6:58 am
nunoe
kalo yg mau dibeli RC30 ato RC45, gimana?? 😀
2 Agustus 2010 pada 3:28 pm
arieslight
nggak rugi..collectro item harganya naik teruuuus… btw, denpasar banyak moge ya…
3 Agustus 2010 pada 12:55 pm
nunoe
lumayan…
yg sering ketemu sih Suzy Bandit…
26 Juli 2010 pada 12:55 pm
jomblo ati
mau beli CBR1000Fit aja lah…
2 Agustus 2010 pada 3:28 pm
arieslight
dah kebeli kan…yang abu2 itu tuh hiihi
29 Juli 2010 pada 7:34 am
pak'e alyx
Mana ini yang mau beli moge…? Mana mogenya…? Mana…? Mana….??? Lama nggak muncul-muncul, keburu warungnya dibakar orang…! Jangan-jangan, bener-bener tersesat nie si bro Arie. Makanya sebelum berangkat, cek dulu lokasi pake gogel ert, telpon ke 108, sama minta petunjuk ki gede anune….
29 Juli 2010 pada 7:37 am
pak'e alyx
Pertamaaaxxxxzzzzzrrrrr……………………………!!!!! Gedhobrakkkkk….
(Belajar ngejunk di blog bro Arie, mumpung warungnya sepi…. xi… xi… xi…)
29 Juli 2010 pada 7:40 am
pak'e alyx
Keduaaaxxxxzzzzzrrrrr……………………………!!!!! Gedhobrakkkkk…. Tambahin dong gambar mogenya…. (biar nyambung – Belajar ngejunk di blog bro Arie, mumpung warungnya tetep sepi…. xi… xi… xi…)
29 Juli 2010 pada 7:43 am
pak'e alyx
Ketigaaaxxxxzzzzzrrrrr……………………………!!!!! Gedhobrakkkkk…. Kayaknya bro Arie belum menulis opini mengenai mahalnya pajak moge di Indonesia…. (biar nyambung – Belajar ngejunk di blog bro Arie, mumpung pemilik warungnya belum bangun…. xi… xi… xi…)
29 Juli 2010 pada 7:46 am
pak'e alyx
Keempaaatttzzzzzrrrrr………………………!!!!! Gedhobrakkkkk…. Kayaknya bro Arie juga belum menulis tentang opini suka duka memelihara moge di Indonesia…. (biar nyambung – Belajar ngejunk di blog bro Arie, mumpung pemilik warung belum marah-marah…. xi… xi… xi…)
29 Juli 2010 pada 7:49 am
pak'e alyx
Kelimaaaxxxxzzzzzrrrrr……………………………!!!!! Gedhobrakkkkk…. Kapan bro Arie beli moge…? Boleh nyobain ya… (biar nyambung – puas ngejunk di blog bro Arie, harus kabur nie kalo nggak mau dilempar sandal sama pemilik warung …. xi… xi… xi…)
2 Agustus 2010 pada 3:29 pm
arieslight
waduhh…ancuuuuuurrrrrrrrr…tak kusangka kangban bisa setega ini…huhuhuhu…
teganya teganya teganya…
30 Juli 2010 pada 11:01 am
KRIS
Setelah lama baca2,baru skr nyoba2 apa enaknya TERSESAT. Kl aq saat ini dah bersyukur punya MiOGE aja dl.niat pingin punya moge ttp ada,tp sementara ini aq bungkus,masukin dus rokok,diikat trs digantung dipojok gudang!sambil belajar nabung dl di bank,sapa tau menang undian tahapan,kan bisa kebeli jg tuh moge. btw,salam kenal dl buat owner warung sesat dan semuanya.
2 Agustus 2010 pada 3:31 pm
arieslight
hihihi..mioge juga oke kan..bore up jadi 300 cc dijamin lewat deh moge 400cc…
salam kenal juga bro..
2 Agustus 2010 pada 3:31 pm
bjl
salam kenal juga…
18 Mei 2011 pada 6:58 am
Adhi_mogeLover
manteb.. gan info nya.. menarik bgt, sangan amat & pasti bermanfaat bagi pcinta moge newbie.. 😀