Bermula dari adik saya yang ke-272 minta dicarikan motor yang bisa untuk touring, hobby, berkopling dan berwarna merah (aneh ya mintanya…), saya sekitar 3 mingguan memikirkan sambil mencari motor yang tepat. Doi kalau ditawarin ini mau, itu mau, malah bingung jadinya. Yang sempat masuk nominasi adalah Jupiter MX, Thunder 250, Suzuki FXR 150 dan Tiger. Dengan Budget 15 Juta, pasti dapat lah. Namun, karena dia masih mau ngelancari kopling, agak malas merawat motor dan kasihan kalau onderdilnya susah atau mahal, ujung-ujungnya kita sepakati mencari Thunder 125 saja.
Kriterianya selain kriteria umum cari motor adalah Thunder 2008 ke atas. Kenapa 2008? Ya karena sejak Thunder 125 2008 mulai dilengkapi kick Andy starter. Soal harga, ngaruh lo secondnya, yang belum pakai kick starter secondnya lumayan ada perbedaan signifikan. Tanpa kick starter banyak yang dibuka harga di 3 jutaan, sedangkan yang sudah kick starter minimal punya 5 jutaan.
Alhamdulillah malah dapatnya Thunder merah tahun 2011, artinya sudah edisi terbaru Thunder 125 yang sama plek dengan Thunder yang keluar di tahun 2014 hingga hari ini. Motor seharga 15 jutaan itu kmnya masih tak terlalu tinggi, minus spion original, bohlam lampu depan mati dan handel kopling patah, katanya sih nyangkut. Anehnya, di balancer setang dan bagian lain pun tak ada baret, jadi anggap saja memang nyangkut. Toh setelah di test ride motor memang stabil, Alhamdulillah ya… motor beli 8 juta pas dapat look yang lumayan seger dan masih berkilau…
Jujur aja, ini mtor bisa dibilang murah untuk motor dikelasnya. New Thunder 125 punya tanki lebih besar, yakni 15 liter dengan tutup tanki yang ala moge balap. Knalpot barunya juga bikin kesengsem, bentuknya bagus dan bunyinya jadi mirip FU. Bahannya pun dikrom! Mana ada motor sekelasnya pakai knalpot full krom. Yang sekelas Tiger aja tidak! Balancer setang juga terlihat manis dengan laburan krom plus kacamata spidometer juga kena labur krom. Spionnya juga krom dengan desain moge banget! Ajaib juga ini motor, 15 jutaan, tapi finishingnya ajiiiiib… Bunyi mesin baru yang sudah dilengkapi balancer dan posisi dinamo starternya digeser juga seru…ada zing..zingnya… Spidometer digitalnya pun lumayan bikin jatuh cinta, bening dan berhasil menampilkan kesan klassik-elegan. Desain velg barunya pun saya nilai yang terbaik saat ini di motor-motor sekelasnya, bahkan kalau dibandingkan punya new Ninja 250, saya lebih senang velg Thunder 125, sayang saja velgnya tidak lebar. Ya, mudah-mudahan velg ini sekuat generasi pendahulunya. Posisi kabel kopling pun kata adik saya yang nomor 343 juga ada perbaikan, jadi masalah kopling cepat putus rasanya sudah ditangani.
Sehabis motor ditebus, kami membawanya ke bengkel Suzuki di Depok. Kata adik ane yang satunya lagi itu, ini bengkel resmi yang lebih baik dibandingkan bengkel resmi Suzuki di Depok yang satunya lagi. Nah, disinilah terasa betapa mogenya Thunder 125! Tidak sebatas servis dan ganti oli, anggota baru Keluarga Sesat butuh komponen lain. Bengkel resmi itu ternyata tak sedia handel kopling New Thunder 125. Katanya beda-beda tiap generasi Thunder 125! Ajaibnya lagi, bohlam lampu depannya juga tidak ada! Terpaksa inden 1 minggu!
Minggu depannya pun si motor balik ke sana, daaaaaaaan…barangnya belum datang!
Minggu depannya mau datang lagi, eh motornya tak mau hidup. Akhirnya diderek .. dan setelah dites, CDI bawaannya mati! Kacaaaaaaaaaaauuuuuuu… seumur-umur punya motor baru hari ini ada yang CDI bawaannya mati, dan itu baru berumur 3 tahun! Dan jeleknya Suzuki Thunder 125 hanya dijamin mesin dan kelistrikannya selama 1 tahun! Bandingkan dengan pabrikan sesama Jepang yang kasih jaminan 3 tahun, bahkan 5 tahun untuk mesin! Gimana nggak KO tuh jualan Suzuki roda dua!
Ketauan CDInya mati, karena ditest dengan CDI yang ada di bengkel itu, motornya mau hidup.
Dan minggu depannya lagi motor kembali diderek ke bengkel resmi Suzuki itu. Pesanan CDI dan handel kopling sudah datang. Daaaaaaaaan…ternyata handel koplingnya tidak pas! Yang nyebelin lagi, ketika CDInya dipasang motornya tetap tak nyala! Ini salah yang mesen apa salah yang ngirim ya???????????? Yang pasti image Suzuki di mata ik van de brut sudah rusak banget dengan pelayanan di lapangan model begini!
Thunder 125 ade ane pun diinapkan di bengkel hingga dari hari minggu lalu hingga hari ini. Kata ade ane sih belum ada kabar dari bengkelnya. Ane suru telpon, tapi doi malas-malasan. Ya biarin ajalah, masa semua harus saya yang bereskan.
Hebat ya si Thunder 125 bisa segitu lamanya untuk diperbaiki, moge banget kan pakai acara inden-indenan di bengkel resmi! Suzuki suzuki…untung saja ane kandidat cowok tersabar se-Jakarta Selatan…
64 komentar
Comments feed for this article
30 Januari 2014 pada 8:20 pm
ipanase
uahahahha, moge benerrrrr
3 Februari 2014 pada 3:20 pm
arieslight
dan hari minggu kemarin pun belum selesai juga..(-_-)’
1 Februari 2014 pada 7:23 am
Mr_Long'S
Wkwkwk.. #sungguhironi
1 Februari 2014 pada 7:53 am
Mr_Long'S
Wkwkwk..
Thunder 125, motor batangan tp mesin bebek, moge bukan tp part indent
#sungguhironi
3 Februari 2014 pada 3:22 pm
arieslight
di Pantura ane nguber thunder 125 lebih susah dibandingin nguber byson.. ga tau juga deh… akselerasi lemot, tapi top speednya lumayan juga
1 Juni 2014 pada 12:47 am
me aja
ya iya lah masa iya dong! byson tuh menang ditampang doang kalo mesin sih sebelas duabelas sama thunder
8 Februari 2014 pada 6:35 am
Mr_Long'S
lebih parah ane
lebih gampang nguber Ninja dibanding matic
klo lewat jl. daan mogot – cengkareng
10 Februari 2014 pada 7:26 am
berguling kedepan
pernah punya yg taun 2006 warna biru tarikan bawahnya memalukan tapi pas putaran atas bisa lawan vixion malah maaf ngasapin ini gak sekali dua kali saya alami karna penasaran sering tak coba di rute by pass krian.
19 Februari 2014 pada 9:12 am
one08
Finishing ala pabrik Haojue china memang manis om, semua baut di chrom. blok silinder aja di cat. tapi perasaan pengapian masih tangguh yang EN125A daripada yang pake balancer (IMHO) 😀
15 Maret 2014 pada 7:44 am
arieslight
Ya Bro.. ane juga naksir sama finishingnya.. Motornya alhamdulillah udah beres, seneng denger bunyiny zing zingnya..ade ane yang satu lagi yang punya thunder 2008 juga kepincut… Dia juga ampe hari ini baik2 aja pengapiannya, CDI n koil masih tokcer, tapi yang baru ngangkat ini kok dah begitu. Terus bulan lalu ane liat iklan lagi ada yang jual ahun 2010 juga, eh dah ganti CDI dan Kiprok juga.. mungkin kelemahan gen terbaru ini di sini, atau ga tau juga sih pemilik sebelumnya gimana, setau ane suzuki kalau mau aman akinya memang ga boleh ngedrop…
Danke udah sudi mampir bro One…
28 Februari 2014 pada 10:38 am
Irham
Yg salah iku sampeyan 😀 wong wes jelas thundie iku murah banget, knapa gak beli baru? Cuma dp 2 jt aja cuma kredit 500 rbu sebulan.
Ane beli thundie gres sejak pertama kuliah 2007 lalu, alhmdulillah gak pernah ngadat sampe skarang, jgn kan turing kluar kota, turing kluar propinsi pun aman2 aja itu thundie gua.
Gak semua motor thunder bobrok kayak punya lu bro 😀
situ aja yg gak ngerawat motor.
Msh bnyak org yg punya thunder terawat n awet
15 Maret 2014 pada 7:34 am
petirabang
Juozz… punya ku tak pakai mudik Jkt-Sragen PP enak banget tu, Ga ada kendala sama sekali, bensinnya juga lumayan irit, sekali Full udah bisa sampai tujuan…
15 Maret 2014 pada 7:46 am
arieslight
namanya juga beli second gan.. kan ga semua orang duitnya sebanyak sampeyan
13 Maret 2014 pada 11:03 am
Astu Dastu
bener tu ane jg selama punya thunder en125 gk pernah ngadat ap lgi mogog di jalan malahan slama bwa thunder ku ne udh bonceng banyak cewek n yg ampuhgnya semua suka di bonengin… karena udh aku modif jadi coper
15 Maret 2014 pada 7:50 am
arieslight
jarang2 nih ada thunder dijadiin chopper…
1 Juni 2014 pada 12:50 am
me aja
hahaha..cewek nya rabun
15 Maret 2014 pada 7:31 am
petirabang
Sipp dah… sy jg pemakai EN125HAK 2012, blm pernah ada rewelnya sama sekali, semuanya masih enak di pakai, ganti bohlam gampang kok, bengkel pinggir jalan banyak yg sedia, Haogen Os*am cukup terang cuma 15 ribu, ga perlu indent, CDI kalo udah mati mungkin udah di oplos ama yg jual, jadi udah ga ori lagi….. Kalo mau ganti CDI mah banyak di toko2… tinggal pilih aja…
15 Maret 2014 pada 7:49 am
arieslight
nah, inilah yang mau ane kritik dari bengkel suzuki bro… kok bengkel resmi ga mau nyetok barang…
CDInya kata ade ane menurut bengkel suzukinya beda-beda, yang thunder pake balancer 300 ribuan, yang 2008-2010 400 ribuan, yang belum pake kickstarter lebih mahal lagi bro, kalo ga salah dia bilang 600 ribuan..
Di bengkel biasa emang dijual, lucunya kan malah bengkel resmi kok malah nginden…
15 Maret 2014 pada 8:55 am
petirabang
W(●´ο`●) ŐŐŐŐŐŐŐ… gt to ?
16 Maret 2014 pada 12:29 pm
petirabang
Woh… parah juga tu bengkel resmi…
17 Maret 2014 pada 3:24 pm
arieslight
ya begitulah… padahal sebagai bengkel resmi kan orang mengharap lebih ok dibandingkan yang umum dan bukan spesialis
24 Maret 2014 pada 9:04 am
at0zz
suzuki ya, coba ke indojakarta yang di sunter, disitu paling lengkap sparepartnya, atau kalau mau inden cepet di jaringan milenium kalo gak salah, salah satunya yg di kalimlang deket mol mm bekasi
dan jangan bawa ke beres suzuki yg di saharjo tebet samping haris hotel, pelayanan FO nya nggilani preet lahh
24 Maret 2014 pada 9:13 am
at0zz
eh beres suzuki yg di saharjo bengkelnya sekarang dah tutup, buka showroomnya doank, dipindahin [digabung ke indojakarta klender katanyah
[masih satu grup]
1 April 2014 pada 4:12 pm
arieslight
Thx infonya Bro… memang ada sih partnya, tapi di tempat2 yang tertentu dan perlu waktu lumayan juga untuk menjangkaunya… padahal ini motor kan harusnya jadi motor harian.. ade ane akhirnya masih pake smash aja terus hihihi.. biar thunder 125nya jadi motor hobby dia aja..
2 April 2014 pada 5:58 am
at0zz
sama dunk pake semesh., hehehe
2 April 2014 pada 4:38 pm
arieslight
ga gesit-gesit amat..tapi irit dan bandel hihi..
9 April 2014 pada 3:47 pm
konyan
Bro senior pemilik thunder ,,,, ane mau tanya nih.. motor thunder ane tahun 2007 ada masalah di roda depan tiba2 ga bisa mundur (pernah jatuh),, ada saran untuk perbaikan ? Mohon pencerahannya broth..
*Kalau yg lainnya sih aman2 banget dan emang irit..
11 April 2014 pada 4:18 pm
arieslight
wah ga pernah ngalamin Bro… pastiin dulu, itu biasanya yang suka begitu karena rem/kanvasnya posisinya tidak benar, jadi pas maju bisa, pas mundur seret.. Atau mungkin laher rodanya ada yang pecah.. harusnya tak sampai 100 ribu sudah beres bro…
12 April 2014 pada 10:08 pm
Asep Jayalani
oplosan itu om… beli seken emang rawan…. tapi thunder yang penting klo karbu jaga karet vakum jgn smpe melar… tandanya biasa saat pergantian gear perseneling dia kayak telat bensin… trus filter juga jgn sampe busa kotor bingiiit ato malah di lepas busanya… trus aki juga harus selalu prima… gtuh ajah sih biasanya… lainnya perawatan biasa ajah umum…
ganti oli juga harus periodik om… 😀
14 April 2014 pada 3:50 pm
arieslight
ori bro…udah dicek kok..tu motor yang ga ori spionnya doang..cdi juga ori..mungkin ade ane aja yang kurang beruntung
22 Mei 2014 pada 2:30 pm
T125Std2006
Sekarang aku makai si Thunder 2006, dapat seken hasil ngejual MX.
Satu kata untuk T125….NYAMAN…
Jujur saja kalau dibandingkan dng MXku dulu, aku lebih suka milih Thunder. Tenang, Stabil, Irit… Sesuai dng style berkendaraku
23 Mei 2014 pada 3:47 pm
arieslight
yup… pilih motor memang sebaiknya sesuai peruntukan dan selera pribadi Bro… kalau mau motor laki irit, ekonomis, onderdil lumayan gampang, tampang lumayan bahenol ya Thunder 125
1 Juni 2014 pada 1:43 pm
bowo
numpang lewat, bro. setau ane sih ni motor klo dibilang badak lebih dari badak ane punya dalam 1 hari nonstop pernah nyoba pati-purbalingga digeber trs. abis 70 rb PP mampir cm makan ma buang bensin ane, motor tau 2006 baru turun mesin tahun 2012. baru ganti vacum 1x 45rb ori SGP dalam 6 taun,tiap hari sabtu minggu semarang pati mesti dilakuin itu dah 250 km. klo dl msh dijogja bs jogja-pati PP seminggu sekali. sehari minimal 100km maklum sales ckckck 5 bulan mesti ganti gear belakang ama rantai. kabel kopling 4 bulan kabel gas bs 8 bulan isi kabel vespa, 10 tahun baru ganti manifold itupun bukan krn rusak atau getas tp krn keliatan retak2 luarnya klo dalamnya sih bagus. itulah motor kebanggan, suzuki banget. klo kata istri kasian mtrmu g mau di istirahatkan yah, orang g tau maka g sayang, cm orang yang blm pernah pake aja yg selalu mencerca, ane bandingkan blm ada motor yg ada bs kerja berat gini. BTW ni motor klo ane penempatan di bandung tasik atau cirebon bakal nemani ane lg.
2 Juni 2014 pada 4:12 pm
arieslight
yoi Bro.. keluhan utama ade saya sih di vacuumnya yang sering rusak, ga tau deh kenapa. Katanya hampir tiap bulan minta ganti, makanya dia ganti PE 28 Kw… tapi sekarang dia ngerasa boros bgt…suruh balik pake vacuum lagi, eh dia trauma.. Kayanya sih ada yg salah tuh nyampe karet vacuum kok umurnya sependek itu
Selain itu sih motornya emang bandel… orang ngebandingin ya suka-suka aja, ga semua mesti didenger. Bandingin sama cc yang jauh lebih besar dan harga lebih mahal, ya ga fair… belum lagi keseringan dinilainya pake kriteria mesin balap hihihi….
11 Juni 2014 pada 9:34 pm
bowo
klo ada yang bilang pakai PE 28 kw we cm ngakak secara otak aja orang jepang dah pinter dah bisa nentukan mana yg bagus buat neh motor pa lg harian aja, tenaga atas besar buat apa? emang jalanan ni negara sepi ya? emang klo buat ngebut dalam kota bs selisih berapa jam? paling 5 menit doang ngabiskan biaya yang g setimpal.
knp nih motor di pasang vacum, aslinya dah ketahuan penyakitnya motor megapro ama gl pro yg boros jd g bs buat harian di ekonomi yang serba susah tahun 2004 abis krisis 98 n belum pulih2. jd keluar deh ni motor 125cc yang irit dan batangan, bandingkan ama punya sayap terbang dl yang GL max, GL pro ama megapro jadul mana? emange kelas GL dah lolos euro II? emange knalpot GL series keren ya? emange bentuknya GL series bagus ya? emangnya GL series lampunya bulat?? Emange kaliper rem GL series pakem ya? Emange keren ya pake velg ruji gitu? mo beli tiger 19,4jt yang lampunya bulat kok mahal banget. ini kelas GL yang baru ting ting dgn bentuk lampu bulat di STNK tertulis GL 200.
Kesimpulane oo lampu thunder bulat seperti suzuki bandit oo lampu bulat banyak dipakai di luar sana, oo thunder dah lolos euro II, oo thunder dikasih karbu vacum biar irit daripada dikasih ijeksi ntar orang g bs servis thunder di bengkel biasa karena injeksi. oo ijeksi klo didorong bisa bikin jebol nosel, oo injeksi klo mampet harus ganti nosel, oo parkit injeksi tuh mahal ya, oo ijeksi servisnya mahal, oo ngoprek motor injeksi mahal ya, ooo jadi kere ya ngoprek motor injeksi? oo yang bilang ijeksi irit salah klo servis dah 50rb karburator 15rb. oo motor ijeksi harus pake ecu, oo ecu tuh mahal deh ati ati klo rusak, ooo ecu g boleh kena air, oo nyawa motor injeksi di ecu toh, ooo nosel injeksi tuh ada masa pakainya ya, ooo klo ngisi bensin jangan sembarangan klo pakai injeksi, oo enak pake karburator deh oooooo ketipu deh,
ada yang punya motor injeksi motornya sering beli bensin eceran <<< memalukan g sebanding ma resiko yang diterima inilah contoh org yang korban iklan.
Dasar orang katrok lagi punya motor yang bagus dikit bandingkan ama motor keluaran lama. klo bandingkan tuh liat tahun motor seangkatan dia modelnya apa baru deh bandingkan, berbicara realistis motor 125cc mo lari spt 150cc ya knp g beli yg 150cc aja? brp biaya yang dikeluarkan utk dapat tarikan rasa motor 150cc???? klo mo praktis beli aja mesin fu seglondong pasang di thunder jd deh thunder 150cc limited edtion ajak tuh v-ixion or byson or CBR 150 or KLX diadu mesti we milih yg LE klo ama2 STD ting ting.
Kesimpulannya punya motor sesuai peruntukkan dan kemampuan yang punya motor, punya motor injeksi hidup di belantara papua or NTT mo servis injeksi????? cocokkah motor anda saat ini??? itu yang penting jangan modal ikut-ikutan ketahuilah baru beli jangan salah pilih
16 Juni 2014 pada 7:20 pm
arieslight
Pe kwnya udah rusak pelampungnya..ade ane malah mau ganti karbu king ori..kapok dia pake vakum. Penasaran juga sih kenapa vakum di mtr dia umurnya sebulanan..udah beberapa kali ganti di bengkel resmi msh gt2 jg..
23 Juni 2014 pada 2:09 pm
Fie
mas, maaf OOT neee
dimana posisi titik berat atau center of gravity sepeda motor honda beat?
mksh
24 Juni 2014 pada 4:31 pm
arieslight
WAduh… mesti tanya AHMnya Bro… setau ane sih matic titik beratnya banyak di belakang… depan pasti lebih kecil, kan mesinnya kebelakang bgt…
Makanya kalo ban depan matic gampang ngunci n klo dah ngunci gampang gedubraknya…
8 Juli 2014 pada 6:44 am
rul
thunder ane thn 2007, bukaan angin 3,5 corong angin dilepas.. tenaganya mantap. enak dibawa keluar kota.
11 Juli 2014 pada 9:46 am
ferry
gak jaminan kalo beli bekas / mending baru . kalo it pada jajan . bukan salah suzuki
tetapi salah sampean. orang jujur sangat langka . sebelum di jual pasti ada yang di ganti dengan yang bekas dan lebih parah.
8 Oktober 2014 pada 6:59 pm
wisnu
baca artikel ini jd inget red thunder 2007 ane. Tiap dipake kerja jadi bahan ceng’an tmn yg bw scorpio. Hahaha… Karena kesal ya ane tantang balapan aja dari tangerang ke solo berani gak dia? Dgn 1 syarat dari garis start tangki isi full dan dilarang isi bensin sepanjang perjalanan. Hasil’y? Tmn nyerah sebelum balapan. Dia blg ” jelas aja situ yg bakal menang. Thunder kan irit. Kalo motor saya belum nyampe dah kehabisan bnsin.” hahahaha… Loe makan tuch scorpio loe…
19 November 2014 pada 10:11 am
madhur.fiss@gmail.com
Ane baru beli seken suzuki thunder 125 th 2008,harga 5jt,dah ganti kanpas rem depan hrg 70rb ama dis depan hrg 220rb,oli rembes dah ane 2kali dandanin masih rembes juga tapi ane dah sayang ama ini motor,dipakenya irit dan enak stabil mas bro,Kemarin sebelum pake thunder ane pake ninja 250 th 2011 masih mulus bgt warna hijao,tapi ane jual murah 21jt,ga suka ane enakan motor thunder dipakenya nyaman,ninja borosnya ga ketulungan minumnya pertamak maunya gan,nyesel ane beli ninja,sekarang ane dah puas pake thunder irit bensin bro
27 Januari 2015 pada 2:01 pm
Alfa Ramadhan
motor ane ngadat oom. kalo jalan suka mati sendiri. dan knalpot ngebul. awalnya stater tp skarang sela itu pun susah di selanya. alias susah hidupnya. tooooolllllooooooooonnggg oom. ane masih newbe tengkyu oom.
27 Januari 2015 pada 6:46 pm
arieslight
Kalau sudah panas suka mati, itu koilnya sdh mau mati bro..gejala koil mati,Klo RPM tinggi dia brebet, GA mau naik lg rpmnya,keselek gitu..
Klo udah ngasep biasanya piston, ring piston atau SIL klep minta ganti.. Ade ane tapi ada pengalaman gitu juga, ngasep putih n suka mati, ITU karena karbu vakumnya error..Klo dia akhirnya ganti karbu konvensional, langsung enak thunder 125nya..
24 Februari 2015 pada 12:57 pm
nanda
nah ini bang yang saya cari cari :v
btw bang thunder 2011 yang saya pake jalannye suka ngadat kadang-kadang lagi kenceng suka cegukan, trus waktu kopleng nya di gantung nah motornye maju-maju sendiri , satu lagi bang cara nyetel karburatornya gmana bang?
27 Februari 2015 pada 3:20 pm
arieslight
Klo kopling bisa setel darin setang Bro… Itu koplingnya kurang narik biasanya. NetraliN Gigi juga jd susah kan? Kalo karbu, pastikan bereit n Karet vakumnya beres. Cek juga intake manifoldnya, msh rapet atau ada yg getas.
Nyetel karbu standard simpel kok…Klo semua sdh dibersihkan dan terpasang, sekrup udara ditutup sampai tinggal setengah putaran, nah Klo mesin nyala, rpmnya pasti rendah bgt n gampang mati… Gedein gasnya lumayan bnyk..2 putaran lah. Nah sambil mesin hidup buka skrup udara, nanti putaran mesin naik. Berhenti saat mesin rpmnya naik tinggi mendadak. Itu biasanya paling enak. Kalau dibuka lg, mesin putarannya GA naik Lg… Tinggal kecilkan gas deh buat stasioner..sekitar 1200-1500
Saya pakai cara itu, soalnya Klo motor udah berumur, setelan karbu tak sama lg dgn anjuran pabrik, bahkan jetting minta lbh besar, Klo ga mtr keselek di rpm tengah keatas
13 Maret 2015 pada 6:41 pm
Yogi Abienzo
Makasi infonya agan-agan diatas,lagi nyari referensi motor laki yang ekonomis nih… 🙂
14 Maret 2015 pada 7:14 am
arieslight
semoga lekas ketemu jodohnya bro
11 September 2015 pada 6:43 pm
yos21
bro arieslight, ane mau tnya2 seputar kaki2 thunder 125 nih,
ane juga punya new thunder 125 wrna nya juga sama merah nya,
ane rencana mau gdein ban, tp sblum itu hrus gnti velg tentunya (krna velg ori thunder 185 – 160)
nah, kira2 velg cw tapak lebar milik mtor apa yg pnp dgn thunder?
ane sempet ngidam velg byson hehehe bisa ga yee??
15 September 2015 pada 2:54 pm
arieslight
Wah, saya tidak tahu Bro…tapi saya rasa velg byson tak mungkin plug n play, bisa dilihat dari posisi cakram depan yang beda kan, thunder di kiri, byson di kanan. Kalau mau modif sih bisa saja, tapi saya rasa terlalu banyak ubahan yang ujung-ujungnya mahal (bubut dudukan cakram/gir, tromol rem dll., mending ganti kaki bandit 400 sekalian, 3,5 jutaan tapi.. Yang praktis sih pakai velg palang lokal khusus thunder 125, saya tak tahu mereknya, mungkin semacam power punya..dan harganya di kisaran 1 jutaan, itu lebih praktis sih..sama ban masih di bawah 2 juta.
Kalau saya sih agak sayang sama velg bawaan new thunder, sebab bentuknya sudah oke. Mungkin bisa ganti ban lebar..adik saya pakai di old thunder 125 ban depan 90/18 dan belakang 110/80/18, itu saja sudah terlihat gagah..
maaf kalau tak menjawab pertanyaan hihihi
18 September 2015 pada 2:46 pm
yos21
maaf baru balas broo,
trimakasih tanggapan & jwaban nya,
cukup menjawab kok mastah hehehe,
oya, menurut pengalaman di thunder adik masbro arieslight, apa ban tidak men”donat” jika memasang ban ukuran 110/80/18 di velg ori thundi yg “hanya” berukuran 185 ?
soalnya saya takutnya udah beli ban eh trnyta ndonat , kan sayang.
maaf juga nanya2 terus kaya reporter tv hehehe
18 September 2015 pada 3:48 pm
arieslight
Dia pakai Corsa S123 Bro, bagi saya sih terlihat masih wajar dan aman, meskipun bisa dibilang sudah mulai mendonat. Saya pikir tadinya 100 sudah maksimal, ternyata 110 masih oke. Ya, tapi mungkin standar kita beda Bro..kalau mau aman ya yg 100 hehe..kalo ngeri2 sedep 110.. kalo 120 saya sih tak sarankan sama sekali ya…
19 September 2015 pada 10:35 am
arieslight
sudah ane tampilkan juga fotonya Bro di artikel hari ini..silahkan dicek dan jadi bahan pertimbangan…
21 September 2015 pada 8:33 am
Frans
Motor ane thunder 125 2007, dr jaman kuliah. ane overseas 100, tarikan makin mntab, isi bensin full tank dg kosong sama aja tarikannya, pake sendiri ama boncengan g terasa bedanya. skrang velg blakang dah ganti 3,5 inch. kelemahannya karet sasis mudah goyang, walau pake ban kecil.
23 September 2015 pada 1:27 pm
arieslight
Terima kasih sharingnya Bro..manteb berarti bengkelnya yg oversize motor thunder Bro punya.., rapih kerjanya..
13 November 2015 pada 3:35 pm
gaplek mania
nggak jadi naksir…
13 November 2015 pada 4:12 pm
arieslight
Buat santai-santai oke Bro…KAlau ganti ban dan velg lebar langsung ganteng juga lho..apalagi tampah oil cooler dan dobel cakram depan, langsung jadi bandit hehe
15 Desember 2016 pada 4:31 am
Endy
seandainya suzuki GSX125 hadir di Indonesia pasti akan menjad klub terbesar .. konsepnya sekarang ditiru Vixion dan CB15o
16 Desember 2016 pada 5:43 pm
arieslight
KAn sudah ada yang 150 sekarang Bro
25 Agustus 2018 pada 5:14 pm
Roy
emang suzuki peduli ama klub nya? pppffffttt…
25 Agustus 2018 pada 4:08 am
Indra
Menurut sy bengkelnya tidak pandai montir nya tidak cermat. Sy pemakai thunder 2011 beli baru bekas, nyaman mudah perawatan nya. Sederhana sistem mesin dan kelistrikan nya. Gak pernah rewel.
Sy menerima perbaikan thunder khusus kerusakan sistem kelistrikan, aki tekor gak bisa starter tangan /electric. Dll.. Hubungi Wa 08129396018 bekasi
25 Agustus 2018 pada 11:42 am
arieslight
alamatnya ditulis di sini juga boleh Bro..
28 Maret 2019 pada 6:37 am
hari
ghu juga punya thunder 125 cc tapi soal tenaga ok punya dan bisa tembus 120 km/j
29 Maret 2019 pada 2:14 am
arieslight
udah ditune up pasti bisa Bro.. kalo masih standard, masuk spido lebih dari 90 Km/h aja buat rider bobot 80 kg sudah mulai berat