20160512_085827

Tahun 2011 lalu saya memilih Honda GL100 untuk dijadikan bahan modifan karena motor itu termasuk yang termurah di pasaran saat itu. Keunggulannya selain pajak murah, harganya murah, parts mesin berlimpah, motornya enteng, sesuai dengan keinginan saya untuk membuat cafe racer. Nah, kalau sekarang mau buat cafe racer lagi, GL100 sudah bukan pilihan tepat karena ada motor yang lebih murah, lebih bertenaga dan pasti lebih aman untuk belanja parts mesin, bahkan masih relatif aman untuk dipakai bertahun-tahun ke depan karena memang motor ini mesinnya cukup bagus dan masih tergolong muda. Kalau memang mau membangun motor dengan rombakan total dan tak mementingkan tenaga mesin besar, ya Thunder 125 saat ini yang paling murah, banyak dan mudah dirawat. Dengan dana dua jutaan, Thunder 125 sudah bisa didapat, terutama yang tahun tua yang masih belum dilengkapi kick starter. Untuk yang sudah pakai kick starter, dengan 3 juta rupiah di tangan pun sudah bisa dapat.

Kalau memang memerlukan motor bertenaga untuk diotak atik, Tiger pilihan tepatnya. Partsnya banyak, perawatan mudah, hanya saja dibandingkan Thunder 125, partsnya relatif sedikit lebih mahal dan pajaknya juga berpotensi lebih besar. Masalah tenaga ini perlu dipikirkan masak-masak sih karena kalau salah, biayanya malah membengkak! Membuat Thunder 125 berlari seperti Tiger bakal butuh dana lebih besar dibandingkan beli Tiger second sendiri.

Kalau mau lebih bertenaga lagi, coba lirik Yamaha Scorpio. Nah, ini motor tenaganya cukup banget. Namun, kalau dana belum sampai 7 jutaan buat beli bahannya, ya repot. Untuk modifikasi klasik, yang mengganggu dari Scorpio adalah suspensi belakangnya yang sudah monoshock. Butuh keluar biaya lebih kalau mau membuatnya jadi double shock. Namun, kalau memang ingin membangun motor trail, Scorpio harus ada di daftar kandidat teratas.

Oh ya, saran saya sih sebelum membangun modif motor, langkah terbaik adalah mencari langsung di media online motor modifikasi yang mau dijual. Biasanya jatuhnya jauh lebih murah. Coba cari motor yang paling menyerupai konsep yang ingin kita bangun. Kalau jodoh, bisa-bisa ada motor yang sudah hampir serupa hasil modifikasi yang kita inginkan. Kalau bangun dari awal memang puas, tapi biayanya tinggi. Buat yang lekas bosan, mendingan ikutin tips saya yang terakhir ini: Cari motor yang sudah dimodif sesuai keinginan, tinggal perbaiki deh sesuai sosok modifan ideal kita.

Nah, kalau sudah dapat, coba testride. Di situ biasanya kita baru melek, enak ga modifikasi yang kita mau. Tahun lalu saya sempat mau beli Tiger berkaki moge CBR400RR. Harga yang diminta 10 juta saja, terhitung super murah kan untuk Tiger surat lengkap berkaki moge dengan bodi sudah modif moge juga. Tampilan motornya lumayan keren, tinggal cat-cat dikit, maka itu motor akan nampak seperti moge 400cc beneran. Namun, setelah test ride, ternyata rasanya tak enak hehe…Sempat galau juga sih, akhirnya tak jadi saya beli….

Iklan