20170316_130708

Waktu tersesat ke Mannheim dan ikut seminar, saya juga sebelumnya melakukan terawang gaib untuk mencari masjid terdekat. Via google, terawang gaib berhasil menemukan sebuah mesjid di kota Mannheim yang memang kecil dan seperti pulau itu karena diapit dua sungai besar. Kalau tak salah, mesjid Sultan Selim ini memang satu-satunya yang ada di Mannheim. Alhamdulillah, mesjid Turki, dan mudah dijangkau naik tramp. Sampai di sana, sayangnya waktu sholat Dzuhur sudah lewat, bahkan cukup lama sehingga tak seorang pun ada di ruangan sholat.

20170314_134825

Setelah wudhu di lantai bawah yang juga ada toilet dan kantin, saya naik ke lantai 2 yang tak seorang pun ada di sana. Masuk-masuk, saya langsung melihat mimbar dan mike seperti yang bisa dilihat di foto di atas. Saya pun langsung solat tahiyatul masjid di belakang tiang yang saya foto ini. Saat sedang sholat, ada orang yang masuk, dia berjalan melewati saya.

Usai sholat tahiyatul masjid, saya mau solat Dzuhur. Saat saya melihat orang yang masuk tadi, OMG!!!!!!!!!!

Bukan menghilang Bro… tenang-tenang…saya tidak mau menyesatkan Bro ke neraka dengan cerita-cerita penampakan hehe…

Pria itu sedang sujud, dan saya ternyata salah menghadap kiblat hehe..kacau… Kalau sholat salah kiblat ya harus diulang. Kalau orang itu memberitahukan saya salah kiblat saat saya sedang sholat, sebenarnya cukup berbalik arah saja tanpa harus membatalkannya.

20170314_140436

Nah, rupanya bagian depan masjidnya ini wkwk… Saya benar-benar merasa tersesat saat itu. Ga habis pikir bisa masuk masjid terus salah ngadep kiblat. Hanya karena melihat mimbar kecil dan mike, saya langsung mengira itu bagian depannya.

20170314_134847

Waktu malamnya saya datang lagi untuk solat Magrib dan menunggu Isya, baru saya paham, apa gunanya mimbar itu. Jadi muadzin menyerukan azan dari mimbar di belakang itu. Bahkan sholat pun bersama beberapa orang di mimbar itu, sementara di depan paling hanya ada 2 baris dan sisanya melompong.

20170314_134839

Ya, begitulah pengalaman tersesatnya saya di masjid. Rasanya ga enak banget, untung saksinya satu orang saja hihi… Namun, untung juga di saat sudah sepi itu masih ada yang datang sholat juga, jadi sholat saya tidak salah kiblat. Jadi, kalau tersesat ke Jerman dan ke mesjid Turki, cek dulu benar-benar kiblatnya. Mimbar dengan mike belum jadi jaminan itu tempatnya imam.

