Hanya sebagian dari kita yang masih mengenal kelas 125cc 2 tak. Soal kapasitas maksimumnya memang hanya 125cc, tetapi ketangguhannya tak perlu disangsikan. Bermodal bobot ringan dan tenaga beringas, top speed hingga 220 Km/ jam lebih di lintasan adalah hal yang lumrah. Kelas capung ini pun selalu menjanjikan pertarungan sengit. Dan di kelas ini, teknik slip stream benar-benar menentukan sehingga sulit bagi seorang pembalap kelas 125cc bisa nyelonong balap sendirian di depan.
Yang menariknya lagi dari kelas 125cc adalah murahnya balapan kelas ini. Ya, ga murah-murah banget, tetapi pasti lebih murah dibandingkan balap Moto3. Motor-motor Moto3 saat ini harga versi standardnya saja setara motor supersport 600cc, artinya tak semua orang bisa beli. Ya, buat bikers negara-negara Eropa yang makmur sih murah, tapi apa gunanya beli motor imut-imut bertenaga “pas-pasan” kalau bisa beli supersport dengan harga sama, ya kecuali memang hobi banget atau untuk balapan.
Enaknya, beberapa tipe motor 125cc 2 tak ini dijual bebas! Road legal(Honda RS125 hanya untuk balap)! Siapa saja bisa beli! Tinggal sesuaikan saja aturan balapnya kalau memang mau dipertandingkan. Di ajang MotoGP, alhamdulillah saya masih pernah menyaksikan si capung ini dilombakan di Sachsenring tahun 2009. Dulu yang memenangkan Julian Simon. Kelas 125cc ini merupakan satu-satunya kelas yang masih aman didengar telanjang kuping wkwk.. maksudnya ditonton langsung dari pinggir lintasan tanpa penyumbat kuping, masih kuat lah.. Beda dengan 250 cc yang mulai menusuk telinga, apalagi MotoGP..asli sakit di kuping!
Oke, beralih ke Honda RS125 ini. Kalau untuk turun di GP125, tenaganya sudah bermain di 50-55 PS, dan bobot keringnya ini motor hanya 71,5 Kg! Sampeyan korek CBR250RR ataupun Yamaha R25 juga dengan entengnya dilibas Honda RS125. Dan buat saya pribadi, ukurannya yang imut-imut ini yang bikin gemes.. Asli hampir seperti mainan! Tak lebih besar dibandingkan motor bebek.
Meskipun kecil, jangan ragukan kekuatan rangka, lengan ayun, velg dan USDnya. Ini memang motor balap tulen! Ringan dan kokoh!
Ya..sudah, segitu saja ceritanya kali ini.. Sayang sih Honda RS125 sangat langka di Indonesia.. Yang mudah ditemukan ya kalau mau Aprilia RS125. Motor ini mungkin lebih disukai di Indonesia karena punya moge look dan emang ukurannya cukup besar, beda dengan Honda RS125 yang memang tidak dirancang untuk jadi motor yang diproyeksikan menjerat hati bikers muda. Honda RS125 lebih diciptakan untuk menjerat podium.
Buat yang mau tau lebih tentang speknya, silahkan lihat ini:
Buat pencinta 2 tak, masih ada calon bintang tamu lainnya lho di Blog Sesat hehe.. sampai jumpa..
9 komentar
Comments feed for this article
4 April 2017 pada 6:28 am
si adit
Kliatannya race oriented banget ya om..
4 April 2017 pada 4:45 pm
arieslight
Honda RS125 khusus track balap Om..murni race bike, bukan sebatas track oriented lagi
4 April 2017 pada 7:01 am
Aa Ikhwan
gurih
4 April 2017 pada 4:45 pm
arieslight
rasa MSG Aa hihi…
4 April 2017 pada 5:32 pm
Aa Ikhwan
😀😀😀
4 April 2017 pada 2:39 pm
z.naik
road legal? kayaknya ngga deh, circuit only
saya sih lebih suka yg imut gini drpd gambot/keker/moge/cc gede, pas sesuai postur body
4 April 2017 pada 4:43 pm
arieslight
sip..sudah dilengkapi..maksud saya aprilia rs125, cagiva mito, dan derbi
9 April 2017 pada 10:46 am
nunoe
jambakan setan beneran ni mah…
10 April 2017 pada 11:06 am
arieslight
belaian Izroil…