Pepatah yang tak tercantum di KBBI tentunya, tapi siapa pun yang doyan ngebangun motor pasti paham benar maksudnya. Nah, salah satu contohnya di BMW R25 nih… Banyak yang lagi ngebangun BMW R25. Maklum, ini motor biasanya kondisinya kurang prima, sebab dulunya termasuk entry level lah. Harganya pun pernah bisa dibilang tak mahal, tak seperti sekarang yang harganya sekarang bahkan sudah di atas motor 650cc twin second hihi…
Seberapa mahal sih.. Ini sebagian ilustrasinya ya.. Kita bahas karburatornya saja..
Kebanyakan BMW single klassik di Indonesia karburatornya tak pakai bawaan. Ya bayangkan, motor tahun 50an-60an tentu hampir mustahil kondisi karburatornya masih layak pakai. Ya dari luar utuh, tetapi dalemannya tau sendiri kan…
Nah, misalnya kita punya bahannya nih. Lalu ada bagian luar yang misalnya rusak dalam pengiriman atau karena kelalaian kita yang kurang hati-hati, bagian itu rusak.
Misalnya tutup skep Bing R25 nih. Nah, karena sudah berumur dan tergolong tipis, bisa kebelah dua begitu tuh wkwk… Bisa dilem sih, tapi tentu tak kuat. Nah, kalau mau mengejar kesempurnaan, ya bisa dicari barunya kok. Enaknya BMW klassik, perintilan apapaun di karburator dijual dan bisa dibeli ketengan.
Tuh kan, bisa dipesan. Harganya 19,5 Euro saja belum termasuk ongkir. Kalau satu Euro 17.200, nah hitung sendiri kira-kira untuk benda seperti itu berapa dana yang diperlukan… Ngeri ga Bro? Hmmm belom ngeri ya.. Ya itu kan baru bagian kasar aja. Nah, kalo perintilan lain ada yang lebih ngeri lagi. Misalnya pelampungnya yang dari kuningan saja barunya seharga 70 Euro lebih… Kebayang ga keluar 1,2 jutaan untuk pelampungnya doang..belum ongkir lho ya…
Kalau lebih banyak dananya, beli borongan karburator kitnya juga ada Bro..
Eng ing eng… 189 Euro Bro.. Ya siap-siap 3,2 juta untuk karburator kitnya saja..
Nah, paham kan, kenapa orang-orang jarang yang motor R25 atau BMW R single lainnya nguber karburator original hihi.. Toh dengan 200 ribuan sudah dapat karburator KW yang buat jalan-jalan dan touring saja sudah cukup.
Ya tapi kalau ada dananya, tentu yang original yang jadi pilihan terbaiknya..
8 komentar
Comments feed for this article
13 November 2018 pada 1:11 am
awansan
Kalau yg restorasi orang berduit prinsip mereka mahal gpp yang penting ada barangnya, beda cerita kalau kita yg ngerestorasi, mending cari substitusinya, asal bisa jalan 🤭🙈
14 November 2018 pada 1:01 am
arieslight
kalo di bmw, perintilan gitu juga naikin harga jualnya..dicopot dikit2 buat dijual kalo lagi BU juga laku hihi..tapi memang beberapa parts tertentu harganya horor hihihi..
14 November 2018 pada 5:12 am
tomcat s
Set dah…, 3,2 jt cuma utk kit ORI karbu bawaan. Pdhl sdh dapat mio sekon tuh… Klo punya mesin CNC sendiri bisa bikin part2 langka yah… 🙂
15 November 2018 pada 2:01 am
arieslight
yoi Bro.. wah jd ngayal bisa punya kemampuan bikin parts.. sayang kuliahnya bukan di bidang itu dan ga kenal orang yang tejun di bidang itu
19 November 2018 pada 7:29 am
Roy
Klo motor 2 tak Suzuki pake part KW… wkwkwkwk…
merongos yg ada…
19 November 2018 pada 7:28 pm
arieslight
sungguh KW itu membahagiakan sebenernya.. kasian yang pilihannya ori doang wkwk…
22 November 2018 pada 4:04 pm
Roy
Klo part mesin jangan KW… Body part tertentu aja boleh
Karena KW itu menyedihkan
Wkwkwkwkwk
22 November 2018 pada 6:13 pm
arieslight
idealnya gitu sih..tapi dulu pernah pas awal 2000an jarum skep tiger di bonjer III dijual 400 ribu, ik langsung cari KW haha…