Yang sudah lama tersesat ke sini tentu pernah tau kucing saya yang bernama Bubu. Nama Bubu rupanya sangat pasaran untuk kucing, saya baru nyadarnya pas iseng-iseng cek di youtube hihi.. Ya memang pasaran sih, karena hanya panggilan berdasarkan warnanya saja.

IMG-20170914-WA0003-1

Bubu yang merupakan kucing blasteran 1/4 kucing Persia ini dari dulu rasanya tetap seperti anak kucing saja. Ya, dari kecil hingga besar, tampangnya tak banyak berubah. Ukuran badannya pun kecil dan bisa dibilang lembek. Kalau dipegang terasa ringan dan empuk, entah kenapa tulangnya terasa lunak..

IMG_20171113_012035-1

Kalau lagi sehat dan gemuk, Bubu memang seperti boneka, seperti bola bulu berwarna abu-abu terang. Yang bikin akrab dengan kucing biasanya bukan masalah fisik, tapi sifatnya..

Bubu adalah kucing yang lumayan manja, tapi baperan hihi.. Dia mudah cemburuan kalau pemiliknya ngelus-ngelus kucing lain.. Namun, bentar aja baperannya, kalau baper berkepanjangan, ntar dia kelaperan sendiri kan..

IMG_20170501_080744

Yang bikin betah bermain bersama Bubu adalah sifatnya yang bisa dibilang tahu diri. Dia tau kapan harus manja, kapan harus iseng, kapan harus nemenin, kapan harus menghilang. Enaknya, Bubu termasuk kucing yang aman.. Maksudnya, dipegang bagian mananya maupun diapa-apakan, dia tidak pernah mencakar, apalagi menggigit. Mungkin dia kucing tersabar se-Jakarta Selatan.

Kalau dia berhasil menyelinap masuk kamar, kadang dia tidur di dekat kaki saya menunggu saya bangun. Kalau saya tidur-tiduran saja dalam keadaan sadar, dia setor tampangnya benar-benar ke depan muka saya haha… Ya, kalau ada hal yang sangat saya rindukan di Indonesia, ya si Bubu ini.. kepikiran, kalau nanti bisa balik ke Indonesia, mau nguyek-nguyek dan mainin si Bubu. Untuk pengobat kerinduan, saya suka minta dikirimkan foto si Bubu..

IMG-20171103-WA0016

Seiring waktu, Bubu bertambah tua..Meskipun sudah tua dan fisiknya menurun, Bubu masih harus mempertahankan wilayahnya.. Kucing musuh pun sebenarnya sudah bergantian..tapi yang kali ini bisa membuat Bubu terluka parah..lihat lehernya, sampai segitunya.. Dan namanya luka parah, baru mau sembuh bertarung lagi dan luka lagi..lama-lama dia pun mengurus..

IMG-20171106-WA0000-1

Sedih melihatnya mengurus.. tapi yang penting masih mau makan saja membuat saya tenang dan berharap tahun depan masih bisa jumpa dengan Bubu…

Namun, hari Minggu lalu saya dikabarkan Bubu sudah sangat lemah. Nafasnya sudah tersengal-sengal dan badannya bergetar. Sempat ibu saya telefon dan minta saya memanggil si Bubu.. Saya pun sempat mendengar Bubu menyahut sekali.. ya mungkin kebetulan karena dia sedang sangat kesakitan.. tapi katanya Ibu saya, setelah itu nafasnya jadi lebih tenang..

Esoknya ibu saya menelfon lagi dan mengabarkan, Bubu sudah sekarat. Dia sempat pergi agak lama, lalu kembali. Ya, kucing kalau mau mati üunya kebiasaan gitu ya.. pergi dulu agak lama, bisa dua hari, atau seharian, kembali, dan memilih mati di rumahnya. Dan itu pula yang dilakukan Bubu.. Dia menghilang, dan kemudian pulang. Kalau dulu kucing ibu saya memilih mati di depan kamar ibu saya, Bubu memilih mati di depan kamar saya, di bawah si Tiger Hitam.

IMG-20171113-WA0001

Dan yang sedih juga tentu ibu saya yang harus menyaksikan itu semua…

Yah, tidak ada tahun ke-8 bersama Bubu.. angan-angan untuk bermain bersamanya pun sirna.Tidak mungkin terjadi..

Saya malah teringat waktu kecil dulu, kita disuruh harus jadi orang soleh biar masuk surga. Kalau masuk surga, bisa minta apa saja yang kita mau hihi… Sebagai anak kecil dulu, mungkin kepikirannya bisa minta Nintendo atau Sega…itu zaman saya SD lho, belum keluar Supernintendo, Sega Saturn, apalagi Play Station..

Kalau sekarang, seandainya nanti masuk surga, saya ingiiiin minta Bubu…

IMG_20160902_204725-1