Kehadiran mesin Twin 650 dengan tenaga jauh lebih besar dibandingkan mesin 650cc single yang ada saat ini jelas meningkatkan daya jual Royal Enfield! Motorradonline pun mempredikatinya sebagai motor yang sangat indah, tetapi “kebeli”! Blog Sesat pun menyetujui predikat ini. Untuk Continental GT, seperti hanya di engine swap.. cara aman sih, sebab desainnya memang sudah keren, hanya mesinnya saja yang selama ini dikritik karena terlalu lemah untuk konsep cafe racer. Dan tentu terlalu bergetarrrr… Perbaikan-perbaikan kecil di Continental GT pun membuat motor termahal asal Chennai, India ini semakin punya daya jual..hmm ya tergantung seberapa dijualnya sih.. Kalau masih bisa mempertahankan harga di bawah 7000 Euro, tentu sangat menggoda! Jauh di bawah Triumph yang memang rajanya di kelas dan gaya ini.

Ngomong-ngomong soal Triumph, nah, yang versi Interceptor INT 650 ini sangat Triumph banget tampilannya! Bagi Triumph, ini tentu bikin mereka KZL! Yang senang tentu konsumen yang memimpikan Triumph, tetapi keuangan relativ terbatas! Ini dia tampilannya:

Royal Enfield Continental GT 650 in Schwarz-Rot auf der EICMA 2017.

Gimana Bro? Triumph banget kan.. Kalau tak baca tulisan atau logo, yakin 90% bikers bilang ini Triumph! Negatifnya ya tentu bisa dituduh bahwa Royal Enfield main contek… Positifnya, tentu desain ini mudah dijualnya hihi….

Nah, sekarang, bagaimana peluangnya di Indonesia? Hmmmm tentu lebih besar peluangnya, tetapi karena masalah perpajakan, seperti yang mengganjal Continental GT, motor ini harganya jauh melejit dibandingkan versi 500cc dan 350ccnya. Oleh karena itu, kedepannya, Royal Enfield perlu untuk membuat versi 500 dan 350ccnya. Kebayang kan, karena pajak berdasarkan kapasitas mesin, Continental GT melejit jauh ke atas jadi 200 juta lebih, padahal kalau dibuat sedikiiit saja di bawah 500cc, harganya akan turun di bawah 140 juta. Bahkan mungkin di bawah 130 juta!

Kalau sampai dibuat 350cc twin dengan tampilan Continental GT atau Interceptor, wow banget.. Motor tampilan klassik miriiiip Triumph dengan mesin Twin seharga 70-80 jutaan tentu sangat menjual untuk pasar macam Indonesia!

Soal pajak di Indonesia yang tidak memihak ke motor di atas 500cc dan kualitas Continental GT di depan mata, bisa cek lagi di sini:

https://motorklassikku.wordpress.com/2017/08/04/ketemu-royal-enfield-continental-gt-impian-yang-tak-lagi-jadi-impian/

sumber foto:

https://www.motorradonline.de/motorraeder/royal-enfield-continental-gt-650-und-interceptor-int-650.984278.html?backlink=mrd-984276#gallery-2